FAKTOR KEMISKINAN PENGHALANG IPTEK

by 06.59 0 komentar
FAKTOR KEMISKINAN PENGHALANG IPTEK

(tema : ilmu pengetahuan teknologi dan kemiskinan)


Kemiskinan merupakan sebuah permasalahan sosial yang sangat kompleks dan harus segera mendapat penanganan yang tepat agar dapat segera teratasi. Indonesia sebagai negara berkembang dan memiliki jumlah penduduk yang besar tentu tidak dapat terhindar dari masalah tersebut. Ini dibuktikan dengan jumlah penduduk miskin yang besar, mayoritas tinggal di daerah pedesaan yang sulit untuk diakses bahkan di kota besar seperti Jakarta pun juga sangat banyak ditemukan masyarakat miskin. Kemiskinan dapat diartikan dimana seseorang sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dikarenakan berbagai penyebab salah satunya adalah rendahnya tingkat pendapatan yang diperoleh.

    Istilah kemiskinan muncul pada saat seseorang atau sekelompok orang tidak dapat atau tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama hidupnya. Kemiskinan juga dapat dikatakan sebagai keadaan kekurangan uang dan barang untuk menjamin kelangsungan hidup.
    Faktor-faktor penyebab terjadinya kemiskinan yaitu, kurangnya pendapatan karena sulit mendapatkan pekerjaan yang upahnya dapat memenuhi kebutuhannya. Faktor pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi tingkat keahliannya, sehingga perusahaan tempatnya bekerja memperoleh keuntungan dari hasil yang dikerjakan dan akan memberikan bayaran yang mahal. Dan semakin sejahteralah hidup mereka yang berpendidikan tinggi. Sangat berbeda bagi mereka yang berpendidikan rendah, dengan keahlian yang dimiliki sangat minim sehingga jarang ada perusahaa yang mau untuk menerima bekerja.
    Pada saat ini sangat perlu diadakan penanggulangan-penanggulangan untuk menagatasi atau mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia untuk menaikan kesejahteraan hidup masyarakat dan untuk menjadikan Indonesia semakin lebih baik lagi.
Kemiskinan menghambat perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. keterbatasan pendapatan menghambat masyarakat untuk menuju ke masayarakat modern. kemiskinan mengahambat globalisasi. sehingga masyarakat menjadi terisolir dengan dunmia luar. kemiskinan juga mengakibat kan sumber daya manusia menjadi usang sehingga tidak mengikuti perkembangan yang ada.
peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk dapat memerangi kemiskinan. mulai dari pemerataan ekonomi diseluruh daerah. pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan ke seluruh masyarakat agar tidak ada lagi pengemis. pemerintah juga melakukan pelatihan-pelatihan agar syumber daya manusia menjadi berkualitas.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar