Penduduk masyarakat dan kebudayaan

by 05.55 0 komentar

Indonesia Perlu Perkuatan Kebudayaan Lokal

(tema : penduduk, masyarakat, dan kebudayaan)


Mahasiswa Indonesia asal Aceh menampilkan tari saman pada perayaan Hari kebudayaan Indonesia (Indonesischer Kulturtag) di Koeln, Jerman.
Mahasiswa Indonesia asal Aceh menampilkan tari saman pada perayaan Hari kebudayaan Indonesia (Indonesischer Kulturtag) di Koeln, Jerman.


Pendahuluan, Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata LatinColere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.


Masuk pada era globalisasi, Indonesia perlu menguatkan dalam bidang budaya. Peneliti Pusat Penelitian Kemasyarakat dan Kebudayaan (P2KK) LIPI Ahmad Najib Buhari menilai pengaruh kebudayaan di luar Indonesia sangat tinggi.

Melihat dari gandrungnya masyarakat pada budaya K-Pop atau J-Pop menjadi salah satu indikasi kebudayan Indonesia belum dapat berdiri di negaranya sendiri. Menurut Najib, jika Indonesia sudah siap menghadapi globalisasi maka masyarakat tidak hanya menjadi konsumen dari kebudayaan negara lain.

"Misalnya masyarakat kita bukan sekadar konsumen, menjadi pasar besar tapi kita tidak memiliki sesuatu yang kuat untuk bersaing dan diekspor ke dunia luar," ujar Najib di Graha LIPI, Jakarta, Senin (8/12).

Kesiapan Indonesia dalam globalisasi menjadi penting karena perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini tidak bisa dibendung. Setiap individu mudah mengakses segala hal meski terpisah jarak yang begitu jauh.

seharusnya untuk menguatkan budaya lokal dari gerusan globalisasi penguatan bahasa lokal harus diperkuat kembali. Selain itu, budaya lokal merupakan identitas bangsa yang dapat menjadi modal utama sebagai daya saing dengan negara lain dalam kompetisi di era globalisasi.

KESIMPULAN, yang dapat diambil dalam hal ini adalah globalisasi dapat mempengaruhi kebudayaan. masyarkat dengan kehidupan teknologi yang tinggi megakibatkan budaya luar yang semakin mengikis budaya asli kita. kita sebagai pemuda indonesia wajib menjaga kebudayaan kita sendiri. dengan menjaga kebudayaan kita sendiri kita dapat mempertahankan identitas kita sebagai bangsa indonesia yang baik dan ramah.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar